Jumat, 06 Februari 2009

Sepotong Kue (Bakpia) yang Berarti

Nilai sesuatu akan sangat berharga apabila berada dalam ruang dan waktu tertentu, termasuk Bakpia (makanan khas Yogyakarta). Kalau kita berkunjung ke daerah Yogyakarta atau melintas daerah Yogyakarta di kanan kiri jalan akan terlihat orang-orang yang menjual bakpia. Rasa bakpia dari Yogyakarta heemmmm....pak nyosss...

Tetapi dengan banyaknya yang menjual bakpia dan warna warninya pilihan makanan yang lainnya, bakpia sudah tidak lagi menjadi sesuatu yang paling dicari. Beda lagi pada saat kita menempuh pendidikan militer di Akmil Magelang, bakpia seakan-akan menjadi makanan yang terlarang. Memang pada saat itu siswa dilarang makan atau berhubungan dengan orang luar. Semakin dilarang semakin menantang, memacu andrenaline kita. Kalau kita mendapatkan bakpia satu potong saja rasanya nikmat sekali...tetapi awas !!! hati-hati dibalik tembok atau semak mata-mata tajam pelatih mengawasi kita, akibatnya kita dihukum dan ditindak sampai-sampai tidur di bivak di depan barak, apesss deh..

Ada dua julukan bagi yang merembes untuk mencari bakpia : yang pertama Si Penjahat Bakpia, julukan ini diberikan oleh pelatih dan pembina, yang kedua Raja bakpia, julukan ini diberikan oleh teman-teman siswa..

Silahkan teman-tenan yang lain mungkin ada cerita menarik lainnya....(Redaksi).

10 komentar:

  1. wah ... banyak kisah bakpia yang membuat kita sengsara...
    tak salah kalo ada yang bilang "Bakpia membawa Sengsara".... Rasanyanya ngak seberapa... Babennya menunggu...
    Ok. Met Bertugas Rekan-Rekanku...

    Kapten Sapta. S

    BalasHapus
  2. rupanya Kapten Sapta punya kenangan juga ya dengan bakpia. jangan-jangan memang raja bakpia.he he he..(redaksi)

    BalasHapus
  3. Bener rekan rekan nikmatnya bakpia waktu itu tdk bisa dilukiskan, padahal kl skrg makan satu biji aja udah nek tp dulu seplastikpun habis dimakan sendiri. Namanya laper, ada yang makan bakpia dibawah selimut sambil tidur dan matanya awas amati ada kawan yg liat gak...... krn gak mau bagi2. ukhirnya kl nasib apes malah ketahuan pelatih malah ditabokin cangkemnya sampai mrongos kaya si tukul di empat mata. Rasain!!!!! siswa siswa... kelakuanmu.
    Tapi sekarang dah dinas jangan dibawa donk sifat kikir dan tamaknya...heheeee

    BalasHapus
  4. Gabung donks...
    Kapan2 ngadain reuni utk mkn Bakpia ?
    Banyak kenangan yang tertinggal di Lembah Tidar...

    Selamat bertugas kawan dan saudara2 ku

    Salam
    Kpt Sus Robert

    BalasHapus
  5. terimakasih waktunya mudah-mudahan kita selalu berkomunikasi dan bisa mewujudkan kumpul makan bakpia...(redaksi)

    BalasHapus
  6. Sebelum pendidikan saya gak suka bakpia.... setelah pendidikan satu kotak habis sendiri apalagi rasa keju.....

    BalasHapus
  7. BAKPIA.....BAKPIA...TAK AKAN KULUPA.....KALAU CUMA SEBUNGKUS MAH .........SIKIT....WONG DULU BANDARNYA SAYA.............YG PASTI TEMEN2 BATALYON 1 PASTI MERASAKAN......DAN MOMOKNYA KALAU KETANGKEP.... SIAPA LAGI KALAU BUKAN DANKI C YON 1........ALMARHUM WAHLUL....PASTI NYORKEM....MAKANYA SISWA JANGAN NGAWULO WADUK AJA..........(KPT LAUT(T)DUENG DERIVA,ST)

    BalasHapus
  8. wah..klo begitu Pak Dueng Deriva bisa dong kirim tulisannya tentang kisahnya jadi bandar bakpia, he he he he....biar temen2 juga bisa tau..pasti yang baca tersenyum-senyum, terima kasih (redaksi)

    BalasHapus
  9. Dulu di Yon 1 yg bermarkas di sekitar mesjid, memang Dueng rajanya bakpia. Sampai-sampai, kalo ember cucian, sepatu pdl isinya bakpia tok. Tapi yang sering ketangkep ya idral fiter. Kayak transaksi narkoba aja bila diinget-inget. Caprasis..caprasis.. diperintah belajar eh malah tidur, diperintah tidur eh malah makan, diperintah makan eh malah belajar. Salam hormat, Kapt Laut (KH) Andy Leonardo.

    BalasHapus
  10. KALO INGET BAKPIA JADI INGET MAKANAN LEZAT AKMIL LAINNYA SEPERTI KUE KACANG, GETHUK, NASI GORENG SAMPE GULA BATU RASA COKLAT VALENTINE. SAYA JADI TERINGAT JUGA SAMA REKAN SATU PELETON YAITU DRG. M. DHANI SALEH, KAYAKNYA DI PELETON 3A YON 2 GA ADA YG LBH KOMANDO DARI BELIAU KARENA SEBERAT APAPUN RESIKO PASTI DIAMBIL DEMI SEBUNGKUS BAKPIA ATAU SEBATANG ROKOK SAMPE2 SELAMA DIKSARIT TEMPAT TIDURNYA HAMPIR TIDAK PERNAH DITIDURI KRN HARUS MENJALANI HUKUMAN TIDUR DI BIVAK...MOHON IJIN PAK DHANI BGM KABARNYA DAN POSISI SKRG DIMANA? (KAPTEN LAUT (K) DRG. HERI / TON 3A YON2 - TOP ROI)

    BalasHapus

Silahkan Isi komentar anda untuk menambah semarak BLOG SEPAPK7 ini. Tulis nama dan pangkat.alamat email juga ya..